Kapolres HSS Hadiri Peringatan Khidmat HUT Divisi ALRI Ke-75

JELAJAH KALIMANTAN NEWS, HSS – Kapolres Hulu Sungai Selatan (HSS) menghadiri peringatan HUT Divisi ALRI Ke-75 tahun 2024 yang dilaksanakan di Tugu Monumen Proklamasi 17 Mei 1949 di Mandapai, Desa Batu Bini, Kecamatan Padang Batung, Kabupaten HSS. Acara tersebut juga dihadiri oleh perwakilan Kapolda Kalimantan Selatan, Dir Samapta Kombes Pol Timbul Siregar S.I.K., didampingi oleh Kapolres HSS AKBP Leo Martin Pasaribu, S.I.K., M.Tr. Opsla.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Gubernur Kalimantan Selatan, Ir. H. Sahbirin Noor, yang akrab disapa Paman Birin, menyampaikan pidato penuh makna di lokasi bersejarah tersebut. Komandan upacara adalah Mayor Laut PM Saji Wardoyo. Acara ini dihadiri pula oleh Danlanal Banjarmasin, unsur Forkopimda Provinsi Kalimantan Selatan, Forkopimda Kabupaten HSS, dan berbagai lapisan masyarakat yang mengenakan pakaian pejuang.

Dalam amanatnya, Paman Birin menekankan pentingnya menghargai jasa para pahlawan. “Peringatan HUT Ke-75 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi 4 Pertahanan Kalimantan kali ini terasa semakin khidmat dan sakral, karena berlangsung di tempat yang sangat bersejarah. 75 tahun yang lalu, Jenderal H. Basri membacakan teks Proklamasi Kalimantan di hadapan para pejuang di tempat yang sama di mana saya berdiri hari ini,” ucapnya dengan penuh semangat. Ia juga berpesan, “Ceritakan perjuangan mereka kepada anak dan cucu kelak, karena sejatinya bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai pahlawannya.”

Kegiatan peringatan ini juga disertai dengan pemberian bantuan kepada veteran dan janda veteran sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan, serta pelepasan peserta napak tilas. Acara ini menjadi momen refleksi sejarah yang mendalam dan memperkuat semangat kebangsaan, terutama bagi generasi muda, untuk terus menghargai dan mengenang jasa para pahlawan.

No plagiat