Jalan Menuju Kecamatan Paringin Timur Amblas Akibat Hujan Deras

jelajahkalimantannews.com, Paringin – Diduga akses jalan menuju satu desa di Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan terputus akibat amblas. Kondisi jalan semakin terkikis setelah berulang kali diterjang arus sungai.

“Memang terkikis karena selalu diterjang banjir, akhirnya longsor sedikit demi sedikit,” kata warga setempat kepada wartawan, Selasa (2/5/2023).

Putusnya jalan terjadi di wilayah Desa Kelurahan Paringin Timur, Kecamatan Paringin sekira pukul 16:00 Wita, Selasa (2/5/2023). Jalan yang putus merupakan akses menuju desa ke desa.

Menurut Warga, putusnya jalan sepanjang lima meter ini, juga disebabkan kondisinya yang semakin labil karena kerap dilalui truk bermuatan material.

“Sering juga dilewati kendaraan bawa material, (jalan) tidak mampu menahan bebannya akhirnya roboh,”ujarnya.

Dikutip @polres_balangan terlihat nampak petugas Polsek Paringin menemukan adanya truk Fuso yang dalam keadaan amblas tidak bisa melintas jalan tersebut sehingga menimbulkan kemacetan, petugas melakukan pengaturan arus lalu lintas guna kelancaran.

Diakui warga, putusnya jalan ini sangat mengganggu aktivitas warga desa ke desa lainnya. Warga pada dua desa itu harus menempuh jarak cukup jauh jika ingin menuju pusat kecamatan.

“Ini sekarang warga harus memutar jauh, khususnya bagi mereka yang ingin ke pusat kecamatan ataupun ke pasar,”terangnya.

Warga berharap kepada pemerintah segera memperbaiki jalan yang putus, agar aktivitas warga normal kembali.

“Mudah-mudahan pemerintah merespon cepat ini, sehingga masyarakat tidak lagi harus memutar,” pungkasnya.

Sejumlah Dinas berwenang belum ada yang tahu kronologis peristiwa tersebut.

Hingga kini juga belum ada keterangan resmi dari pihak dinas berwenang menyangkut insiden ini. (Nd)

 

 

 

 

 

No plagiat