Pegawai Lapas Kotabaru Ikuti Pelatihan Pengelolaan Perpustakaan Se-Provinsi Kalsel

JELAJAH KALIMANTAN NEWS, KOTABARU – Dalam rangka mendukung Visi dan Misi Provinsi Kalimantan Selatan 2021-2026, bertemakan Kalsel maju (Kalimantan Selatan makmur, sejahtera, dan berkelanjutan).

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mengadakan Pelatihan Pengelola Perpustakaan bagi Rumah Tahanan (Rutan) atau Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) se-Provinsi Kalsel, Selasa (06/08/2024).

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh perwakilan pelatihan pengelola perpustakaan bagi Rutan/Lapas, dalam pelatihan tersebut dua orang pegawai Lapas Kelas IIA Kotabaru telah mengikuti pelatihan

Pelatihan ini dibuka langsung oleh Kepala Dispersip Provinsi Kalsel, Nurliani Dardie dengan menghadirkan narasumber pelatihan Hj. Arbayah, seorang Pustakawan Ahli Madya Bidang Pembinaan Perpustakaan, menyampaikan materi tentang administrasi pengelolaan bahan pustaka

Salah satunya, Abdillah, S.Sos, Pustakawan Madya dari Dispersip Provinsi Kalimantan Selatan yang menyampaikan materi tentang Pengkatalogisasian dan Pengklasifikasian Buku.

“Abdillah, juga mengatakan pelatihan ini guna meningkatkan kompetensi pengelola perpustakaan yang ada di Rutan maupun Lapas sehingga layanan perpustakaan kepada warga binaan di Rutan/Lapas se-Kalsel semakin baik dan dapat membudayakan minat baca bagi warga binaannya.” Katanya

Dalam hal tersebut, Kalapas Kotabaru, Yosef Benyamin Yembise, secara terpisah sangat mendukung kegiatan pelatihan pengelola perpustakaan ini.

“Dengan ilmu yang dimiliki setelah mengikuti pelatihan ini, diharapkan dapat meningkatkan kompetensi seperti pengolahan bahan pustaka, menginventaris buku, pengkatalogisasian dan pengklasifikasian buku, sehingga pelayanan di perpustakaan Lapas Kotabaru bisa terus ditingkatkan,” Ungkapnya.(dhn)

No plagiat