Pemkab Kotabaru Dukung Penuh Peresmian Gereja GPIB Sola Gratia di Desa Tegalrejo

JELAJAH KALIMANTAN NEWS, KOTABARU – Pemerintah Kabupaten Kotabaru menunjukkan dukungan penuh dalam peresmian Gedung Gereja GPIB Sola Gratia Batulicin Pos Pelkes “Gunung Sinai” yang berlokasi di Desa Tegalrejo, Kecamatan Kelumpang Hilir, pada Sabtu, 31 Agustus 2024. Acara peresmian ini berlangsung meriah dengan berbagai kegiatan simbolis, seperti penandatanganan prasasti, pembukaan selubung, dan pengguntingan pita yang dilakukan oleh Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman, dan Pertanahan (PERKIMNTAN) Kabupaten Kotabaru, H. Akhmad Junaidi, S.Hut.

Turut hadir dalam acara tersebut, Pelaksana Tugas Camat Kelumpang Hilir, Syarifuddin, S.Sos., Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Sony Tua Halomoan, Kepala Dinas Kesehatan, Erwin Simanjuntak, serta tokoh agama dan masyarakat setempat. Kehadiran pejabat daerah ini menunjukkan komitmen pemerintah dalam mendukung kegiatan keagamaan dan sosial di Kabupaten Kotabaru.

Dalam sambutannya, Pdt. Emmawati Yulia Rumampuk-Baule, S.Th., M.Min., menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam kepada seluruh pihak, termasuk pemerintah daerah, yang telah berkontribusi dalam pembangunan gereja ini. “Kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pembangunan Gereja ini,” ujarnya.

Gedung Gereja GPIB Sola Gratia berdiri di atas lahan seluas 45×60 meter persegi, dengan bangunan utama berukuran 12×25 meter persegi. Selain gedung gereja, kompleks ini juga dilengkapi dengan fasilitas umum seperti pendopo dan area parkir yang luas, yang dapat digunakan oleh jemaat dan masyarakat sekitar. Pembangunan gereja ini dimulai pada tahun 2012 dan melibatkan berbagai pihak, termasuk pemerintah, donatur, dan swadaya jemaat, serta melalui empat kali perubahan kepanitiaan.

Bupati Kotabaru, melalui sambutan yang disampaikan oleh H. Akhmad Junaidi, S.Hut., menyampaikan harapan agar gereja ini dapat menjadi tempat yang nyaman bagi jemaat untuk melaksanakan ibadah dan meningkatkan keimanan mereka. “Semoga keberadaan Gereja Sola Gratia ini dapat menjadi penunjang fasilitas bagi jemaat untuk melaksanakan ibadah dan meningkatkan keimanan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia berharap bahwa dengan adanya gedung gereja yang baru ini, akan tumbuh semangat baru di antara jemaat dan masyarakat Desa Tegalrejo. “Melalui momen ini, kita harapkan tokoh masyarakat dan agama dapat menyatukan tekad untuk bergandeng tangan memajukan Kabupaten Kotabaru,” pungkasnya.

Peresmian Gedung Gereja GPIB Sola Gratia ini tidak hanya menjadi simbol dari dukungan pemerintah terhadap kegiatan keagamaan, tetapi juga memperlihatkan komitmen bersama dalam memajukan kehidupan sosial dan spiritual masyarakat di Kotabaru. (dhn)

No plagiat