Pemkab Kotabaru Melalui BPBD Kotabaru Selenggarakan Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana

jelajahkalimantannews.com, Kotabaru – Pemerintah Daerah Kabupaten Kotabaru melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotabaru bersama RSUD Pangeran Jaya Sumitra, Satpol PP dan Damkar Kotabaru menyelenggarakan Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi bencana untuk para ASN, Tenaga Honorer P3K, dilingkup Pemda Kotabaru bertempat di Aula Kantor Bupati Kotabaru Sebelimbingan, Selasa (20/8/2024)

Kegiatan pelatihan ini dibuka oleh Sekda H. Said Akhmad, Kadis BPBD diwakili Sekretaris Faisal Muhdi Kabid Pencegahan Bencana Latipo Arsyono, Kabid Damkar, dan para serta peserta dari Perwakilan SKPD

Sekretaris Daerah Kotabaru Said Akhmad mengatakan atas nama Pemerintah daerah sangat mengapresiasi kepada BPBD Kabupaten Kotabaru mengadakan adanya kegiatan pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana, dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas pemahaman tentang konsep dasar dan teori serta kemampuan dalam mitigasi bencana.

“Mitigasi bencana ini dilakukan untuk kejadian bencana, guna meminimalkan korban dan kerugian serta meningkatkan pemahaman tentang konsep dasar dan teori mitigasi bencana,” ucapnya

Sementara itu, Sekretaris BPBD Faisal Muhdi, S.Kom mewakili Kepala BPDB Kotabaru mengatakan resiko bencana di Kabupaten Kotabaru ditahun 2023 berada pada nomor 3 tertinggi dan beresiko tinggi di Kalimantan Selatan.

“Maka dari itu pelatihan kali ini menjadi kegiatan untuk meningkatkan kapasitas aparatur guna mencegah dan memitigasi bencana,” ujarnya

Dia juga menambahkan apabila indeks risiko bencana Kabupaten Kotabaru menurun, maka keuntungan dari hal tersebut adalah meningkatnya pendapatan asli Daerah dan meningkatkan pembangunan, perekonomian, pariwisata, maupun infrastruktur.

“Dengan harapan pelatihan ini dapat dilaksanakan dan diaplikasikan kepada masyarakat luas, dan kami dari BPBD selalu siap siaga untuk pertolongan awal dalam bencana,” harap Faisal Muhdi.

Dalam kegiatan pelatihan ini diikuti seluruh SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Kotabaru, dan ada 2 narasumber dalam kegiatan tersebut dr. Djoko Santoso dari Dinas Kesehatan dan Donald Oharra Sinaga, ST., MM dari Pemadam Kebakaran Kotabaru serta BPBD Kotabaru.(dhn)

No plagiat